Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh

Selain wortel, buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan utama sup ayam. Kali ini kita akan membahas bersama beberapa manfaat buncis. Namun sebelum sampai kepada diskusi mengenai khasiatnya bagi kesehatan, ada baiknya kita perhatikan lebih dulu nutrisi apa saja yang ada dalam 100 gr buncis.

  1. 31 kalori, 7,1 gr karbohidrat, 3,4 gr serat, 1,8 gr protein, dan 0,1 gr lemak.
  2. Vitamin yang ada dalam buncis antara lain C (16,3 mg), K (14,4 mg), dan A (690 IU).
  3. Untuk mineralnya adalah mangan sebanyak 0,2 mg, folat 37 mg, thiamine 0,1 mg, riboflavin 0,1 mg, zat besi 1 mg, magnesium 25 mg, dan potasium 209 mg.

Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

1. Mengontrol glukosa

Buncis memiliki kadar protein yang cukup tinggi dan protein yang dimilikinya itu tidak jauh berbeda dengan protein yang ada pada telur. Apabila sayuran buncis ini dimasak dengan benar, maka protein yang ada didalamnya akan terserap dengan sempurna oleh tubuh Anda. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat untuk mengontrol glukosa atau kadar gula dalam darah.

2. Menjaga jantung tetap sehat

Mengonsumsi buncis minimal 4 kali dalam seminggu bisa membantu organ jantung Anda untuk tetap dalam kondisi terbaiknya. Hal ini bisa terjadi lantaran buncis mengandung asam folat didalamnya.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Buncis sendiri termasuk kedalam keluarga kacang sehingga tidaklah mengherankan kalau buncis mengandung serat yang sangat tinggi. Serat tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang baik dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah sehingga jantung tetap sehat. Oleh sebab itu, mengonsumsi buncis sangatlah disarankan bagi mereka yang mempunyai masalah dengan kesehatan jantungnya.

4. Terlihat lebih awet muda

Proses penuaan dini bisa dicegah dengan mengonsumsi buncis setiap harinya. Buncis mengandung antioksidan yang cukup yang bermanfaat untuk menanggal radikal bebas dan paparan sinar matahari.

5. Meningkatkan sistem metabolisme

Kandungan mineral yang ada didalam buncis, seperti mangan, kalium, zat besi, dan magnesium. Semua senyawa tersebut dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang baik bisa meningkatkan kinerja organ tubuh yang lainnya.

6. Mengatasi batu ginjal

Serat yang tinggi dalam sayuran buncis bisa bermanfaat juga untuk melarutkan batu ginjal sekaligus mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal. Oleh karena itu, banyak dokter yang menganjurkan mengonsumsi makanan yang satu ini.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Adanya vitamin B1, B6, dan vitamin C yang terdapat pada buncis bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa mencegah Anda supaya tidak mudah untuk terserang penyakit.

8. Rendah kalori

Buncis mempunyai nilai kalori yang cukup rendah sehingga buncis sangat cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa mempunyai berat badan berlebih bisa memicu timbulnya beragam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Ternyata cukup banyak juga ya manfaat buncis yang menakjubkan untuk kesehatan Kita. Mulai dari sekarang jangan pernah ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran hijau yang menyehatkan ini, ya!

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *