Cara Mudah Mengurangi Mata Minus

Cara Mudah Mengurangi Mata Minus

Memiliki mata minus atau rabun tentu cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Seringkali kita kesulitan untuk melihat objek yang jauh jika tidak menggunakan bantuan kacamata. Jika anda berpikir bahwa mata minus tidak dapat disembuhkan, anda salah. Pasalnya, terdapat beberapa cara mengurangi mata minus yang cukup efektif dan layak untuk dicoba.

Cara Mudah Mengurangi Mata Minus

Mata minus sendiri merupakan sebuah penyakit mata yang dikenal dengan istilah rabun. Mata rabun terbagi atas rabun jauh dan rabun dekat. Rabun jauh merupakan kelainan mata dimana tidak dapat melihat benda ataupun objek secara jelas dengan jarak yang jauh. Sedangkan rabun dekat merupakan kebalikan dari rabun jauh. Biasanya rabun dekat ini di derita oleh orang yang telah lanjut usia.

Penyebab Mata Minus

  1. Faktor Etnis.

    Hasil penelitian menemukan bahwa persentase penderita mata minus paling banyak ditemukan pada orang Asia yaitu sebesar 70-90%, kedua pada orang Eropa atau Amerika yaitu sebesar 30-40%, dan terakhir pada orang Afrika yaitu sebesar 10-20%.

  2. Keturunan.

    Orang tua yang memiliki bola mata yang lebih panjang (bola mata pada mata minus memang lebih panjang dibandingkan bola mata normal) biasanya akan memiliki keturunan yang memiliki bola mata yang lebih panjang pula.

  3. Kebiasaan yang buruk.

    Hal ini adalah penyebab utama kita menderita mata minus, mengingat sebagian besar orang dilahirkan dengan kondisi mata normal.  Contoh kebiasaan buruk yang mengakibatkan mata minus, yaitu: membaca sambil tiduran, memandang tv/layar komputer terlalu lama, memandang suatu objek dalam waktu yang cukup lama tanpa mengalihkan pandangan, kurang memberi nutrisi yang cukup pada mata.

  4. Penyakit.

    Terkadang penangan yang salah ketika menderita suatu penyakit atau mengkonsumsi obat-obatan yang terlalu keras bisa memperburuk penglihatan.  Penyakit tertentu juga bisa menyebabkan daya penglihatan menurun, seperti penyakit glukoma.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Berikut ini adalah beberapa cara alami mengurangi mata minus :

Makan makanan yang baik untuk mata

Dengan mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan yang banyak mengkonsumsi vitamin A dapat membantu mengatasi mata minus. Beberapa makanan yang dapat menjadi obat mata minus tersebut di antaranya adalah apel, telur, alpukat, ikan salmon dan juga berbagai sayuran yang berwarna hijau.

Lepas kacamata jika tidak diperlukan

Ketika menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa (bagian tengah kacamata), hal ini menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memandang ke arah lainnya. Anda bisa coba buktikan sendiri, ketika menggunakan kacamata, Anda akan lebih banyak menggerakan leher Anda untuk melihat sekeliling Anda dibandingkan menggerakan bola mata Anda. Selain itu, dengan melepas kacamata, maka Anda juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

Sering-sering menatap objek yang jauh, terutama yang berwarna hijau

Objek yang berwarna hijau diyakini memberikan dampak positif bagi mata, oleh karena itu cobalah sesekali pergi ke gunung untuk memandang pepohonan.  Apabila dirasa tidak memungkinkan karena keterbatasan waktu, sering-seringlah menatap objek-objek yang jaraknya cukup jauh untuk mengistirahatkan otot mata Anda.

Latih mata dengan melihat benda-benda yang bergerak

Cara mengurangi mata minus yang satu ini bisa dilakukan dengan melihat kendaran yang berlalu-lalang di jalan raya, namun jika dirasa kurang sreg atau membahayakan, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan bola ping pong yang dililitkan pada seutas benang.  Tataplah bola ping pong yang diayunkan dari jarak yang tidak terlalu dekat dengan mata Anda.

Biasakan untuk menyisihkan waktu 15 menit setiap jamnya untuk mengisitirahatkan mata

Apabila rutinitas mengharuskan Anda untuk sering menatap layar komputer, biasakan untuk mengistirahatkan mata Anda dengan memandang kejauhan minimal 15 menit setiap jamnya.  Hal ini akan sangat mencegah kenaikan mata minus Anda.

Lakukan senam mata

Senam mata sangat baik dilakukan karena dapat melatih kelenturan otot mata, selain itu cara ini merupakan cara mengurangi mata minus yang paling populer dan paling cepat terasa khasiatnya.  Cara untuk melakukan senam mata adalah:

  1. Tatap lurus ke depan.
  2. Gerakan pandangan ke arah atas secara perlahan-lahan dan pertahankan selama 10 detik.
  3. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  4. Lakukan juga poin no.2-3 untuk ke arah bawah, kanan dan kiri.
  5. Setelah poin no.4 selesai dilakukan, lakukan gerakan memutar bola mata Anda 360° searah jarum jam selama 2x.
  6. Gerakan bola mata kembali ke tengah dan pertahankan selama 10 detik.
  7. Lakukan poin no.5, namun kali ini kebalikan dari arah jarum jam.
  8. Istirahatkan mata Anda dengan teknik eye palming.
  9. Lakukan pada pagi dan sore hari.

Istirahatkan mata Anda dengan menggunakan teknik eye palming

Teknik ini dapat membantu mata Anda untuk beristirahat dan baik digunakan setelah Anda melakukan senam mata.  Cara untuk melakukan teknik eye palming adalah:

  1. Gosok-gosokan kedua tangan Anda sampai terasa agak panas.
  2. Tutup kedua mata Anda dan tutupi dengan tangan Anda (jangan sampai menekan bola mata).
  3. Usahakan tidak ada cahaya dari luar yang masuk.
  4. Lakukan beberapa kali sampai mata Anda terasa rileks.

Anda bisa melakukan teknik eye palming ini kapan saja mata Anda mulai terasa penat.

Kompres dengan air hangat

Salah satu cara mengurangi mata minus yang paling penulis sukai adalah cara yang satu ini.  Dengan mengompres mata menggunakan air hangat membuat mata menjadi rileks sehingga urat-urat merah pada bola mata menjadi hilang.  Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Ambil handuk kecil yang bersih.
  2. Rendam dengan air hangat (agak panas tidak apa-apa asal jangan sampai membuat kulit melepuh).
  3. Tempelkan pada kelopak mata sambil berbaring.
  4. Ulangi beberapa kali, hasilnya akan langsung terasa, mata yang capek akan disegarkan kembali.

Berjemur

Berjemur baik agar tubuh mendapat asupan vitamin D, namun lakukan hanya pada pagi hari.  Tutuplah kedua mata Anda dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata Anda terasa hangat.  Lakukan juga senam leher ketika Anda melakukan hal ini agar sirkulasi darah ke kepala menjadi lancar.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *