Cara Alami Melembabkan Bibir kering

Cara Alami Melembabkan Bibir kering

Cara Alami Melembabkan Bibir kering

Cuaca, kondisi kesehatan tubuh, dehidrasi, serta pengaruh makanan, sering kali membuat bibir menjadi kering. Akibatnya, terjadi pengelupasan di bibir yang biasanya sangat mengganggu. Tidak jarang pula, pengelupasan itu disertai dengan timbulnya luka. Nah, sekarang bagaimana cara mengatasi masalah bibir kering seperti ini?

Perawatan Alami untuk Bibir Kering

Untuk mengatasi masalah bibir kering biasanya penggunaan lipbalm sudah dianggap cukup. Penggunaan lipbalm pada bibir kering memang bagus, namun hasilnya akan lebih baik dan efektif apabila dilakukan pula 2 langkah berikut ini:

Langkah 1: Scrub Bibir untuk Mengikis Kulit Mati.

Ketika menyentuh bibir dan Anda merasakan ada bagian yang kasar, pecah-pecah, dan terkelupas, maka itu adalah kulit mati, Nah, agar kulit bibir mampu menyerap bahan perawatan bibir yang akan digunakan, lapisan kulit mati tersebut harus disingkirkan terlebih dahulu. Ada sejumlah cara mengikis dan mengangkat kulit mati di bibir. Anda bisa menggosok bibir menggunakan sikat gigi, ataupun handuk basah dan hangat. (jangan dikupas menggunakan kuku!) Namun cara yang paling tepat untuk mengangkat kulit mati di bibir adalah dengan menggunakan scrub bibir dari gula alami.

Membuat Scrub Bibir dari Gula.

Bahan:

  • 1 Sendok teh minyak kelapa
  • 1 Sendok teh gula tebu

Cara Membuat dan Menggunakan Scrub Bibir:

  1. Apabila minyak kelapa yang Anda gunakan terlalu kental, perlu diencerkan terlebih dahulu. Untuk mengencerkannya, bisa dengan cara dihangatkan menggunakan microwave atau di atas kompor. Tapi perlu diingat agar jangan terlalu panas, karena minyak yang terlalu panas akan mengencerkan gula.
  2. Ketika minyak kelapa sudah cukup encer, segera tambahkan gula. Campurkan kedua bahan menggunakan ujung jari, dan langsung diaplikasikan pada bibir. Diamkan selama 2 hingga 3 menit agar minyak kelapa dapat meresap dan melunakkan lapisan kulit mati.
  3. Setelahnya, pijat-pijat dan gosok bibir dengan gerakan memutar. Pastikan pijatan merata ke seluruh area bibir. Tambahkan scrub gula bila perlu.
  4. Bersihkan sisa-sisa scrub menggunakan air bersih setelah beberapa menit.

Langkah 2: Lembabkan dan Kenyalkan Kulit Bibir

Setelah melakukan scrubbing untuk mengikis kulit bibir, sering kali meninggalkan iritasi yang mungkin terasa perih. Untuk itu, iritasi tersebut harus segera diatasi. Dengan langkah berikut ini, iritasi kulit bisa segera diatasi sekaligus melembabkan kulit bibir secara alami.

Membuat Pelembab Bibir Alami

Bahan:

  • 1 Sendok teh madu.
  • (optional) 1/2 Sendok teh sari buah delima.

Meski ada 2 bahan yang digunakan untuk membuat pelembab bibir ini, namun sebenarnya hanya 1 bahan yang benar-benar bekerja melembabkan kulit, yaitu madu. Madu memiliki bahan antibiotik alami serta mempu mengatasi masalah iritasi kulit. Selain itu, madu juga merupakan pelembab alami yang sangat baik untuk kulit. Tekstur alami madu yang kental dan lengket juga sangat baik untuk membuat kulit bibir terjaga kelembabannya.

Sementara itu, sari buah delima digunakan sebagai pewarna alami untuk bibir. Bahan ini tidak harus digunakan, kecuali Anda ingin mendapatkan warna yang menarik. Namun selain itu buah delima juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan sel kulit yang diakibatkan radikal bebas.

Cara Membuat dan Menggunakan Pelembab Bibir Alami

  1. Campurkan madu dan sari buah delima. Cukup gunakan ujung jari untuk mencampurkan kedua bahan tersebut.
  2. Simpan di kulkas (pendingin) selama sekitar 10 menit, atau hingga campuran cukup dingin. Campuran yang dingin akan membuat sensasi yang lebih menyenangkan saat digunakan.
  3. Setelah campuran bahan cukup dingin, segera oleskan dan balurkan di bibir secara merata. Biarkan hingga 15 menit agar kandungan bahan meresap.
  4. Ulangi kapan saja bila perlu.
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *