Kisah Sukses Sandiaga Uno Memulai Bisnis dari Nol

Kisah Sukses Sandiaga Uno Memulai Bisnis dari Nol

Kisah Sukses Sandiaga Uno Memulai Bisnis dari Nol

Kali ini saya akan membahas kisah sukses dan inspiratif Sandiaga Uno. Pria kelahiran Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memulai kariernya menjadi seorang pegawai. Lulus dari Universitas Swasta Wichita (Wichita States University) dengan predikat summa cum laude, Sandiaga mengawali kariernya di Bank Summa pada tahun 1990. Lepas setahun, beliau mendapat beasiswa dari tempatnya bekerja untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Washington George dengan IPK 4,00.

Sungguh prestasi yang sangat gemilang. Tahun 1993 beliau bergabung di perusahaan Singapura kemudian pindah ke perusahaan asal Kanada. Seiring terjadinya krisis tahun 1997, perusahaan tempatnya bekerja bangkrut sehingga hal tersebut mengakibatkannya menjadi pengangguran. Selepas terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di perusahaan tempatnya bekerja, beliau mengambil langkah selanjutnya dengan mencari dan mendaftar pekerjaan baru, akan tetapi hasilnya nihil, pasalnya usaha yang dilakukannya itu justru ditolak oleh 25 perusahaan.

“Saya menjadi pengusaha karena kecelakaan. Sebagai seorang pengusaha yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seorang pengusaha,” ujar Sandiaga Uno.

Pengalaman buruk yang dialami ketika dia bekerja adalah pemicu yang membuatnya memilih menjadi seorang konsultan keuangan yang bersama dengan sahabatnya mendirikan usaha jasa konsultan. Namun lagi-lagi ikhtiarnya ini tidak semulus yang dibayangkan. Banyak calon klien yang memandang sebelah mata atas upaya dan kemampuannya hingga akhirnya selepas 6 bulan ada calon klien dari suatu perusahaan yang memercayai dan menggunakan jasanya. Pada tahun 1998 beliau bersama dengan Edwin Soerjadjaja mendirikan Saratoga Capital yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang sumber daya alam dan infrastruktur. Saat ini beliau menjabat sebagai CEO Saratoga Capital, pimpinan PT Adaro Energy Tbk, PT Tower Bersama Infrastruktur Group Tbk, dan juga pendiri PT Recapital Advisor.

Majalah Globe Asia edisi Agustus 2007 menobatkan Sandi S. Uno, sebagai orang terkaya di Indonesia No. 122 dengan perkiraan kekayaan sebesar Rp 744 Miliar. Sandiaga Uno memperoleh kekayaan sebesar itu melalui private equity firm yang didirikannya; yaitu Saratoga Capital yang didirikan pada tahun 1998 dengan partner utama Edwin Soeryadjaya dan Re-Capital yang didirikan pada tahun 1997 bersama sahabat lamanya Rosan Roslani.

Selain di perusahaan tersebut, beliau juga aktif sebagai anggota Komite Ekonomi Nasional dan bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia. Beliau di saat yang sama juga sebagai pendiri Aksi Kewirawusahaan Sosial Indonesia, dan masih banyak lagi.

Nah, begitulah perjalanan karier beliau hingga menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini. Semoga kisah sukses ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk kita.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInEmail this to someonePin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *